ARSIP BERITA

Berita PA Manado
PTA Manado Expose Pengawasan HATIWASDA di Pengadilan Agama Manado

Manado, Jum’at, 31 Mei 2024 — Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Manado, sebuah rapat expose hasil pengawasan HATIWASDA (Hakim Tinggi Pengawas Daerah) dan pembinaan telah digelar pada pukul 09:30 WITA.    Rapat ini dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Pengadilan Agama Manado, Drs. H. Muhtar Tayib, yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil temuan pemeriksaan selama dua hari sebelumnya, yakni tanggal 29 Mei 2024 hingga 30 Mei 2024. Pemeriksaan tersebut dipimpin oleh YM Dr. Drs. Sutiyo, M.H., Hakim Tinggi PTA Manado, juga didampingi oleh Ibu Dra. Hj. Sa’I. Sumaila, Panitera Muda Banding PTA Manado, dan Bapak Dedy Irawan Moningka, S.Kom. Dalam pemaparan hasil temuan tersebut, berbagai aspek yang menjadi fokus pengawasan HATIWASDA diperinci dengan seksama. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian akan menjadi dasar untuk perbaikan dan pembinaan di Pengadilan Agama Manado, guna meningkatkan kualitas dan integritas Pengadilan Agama Manado. Rapat expose ini menegaskan komitmen Pengadilan Agama Manado dalam menjaga transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan kualitas pelayanan di dalam institusi peradilan. Langkah-langkah selanjutnya akan diambil berdasarkan hasil temuan yang telah dipaparkan dalam rapat tersebut, untuk memastikan bahwa sistem pelayanan di Pengadilan Agama Manado tetap berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan.

Read More »
Berita PA Manado
Rapat Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pegawai Pengadilan Agama Manado

Manado, 30 Mei 2024, bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Manado, dilaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Kinerja Pegawai pada pukul 10:00 WITA. Rapat ini dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Manado Bapak Hisbun Bangol, S.Ag., dan dipimpin oleh Yang Mulia Bapak Drs. H. Muhtar Tayib selaku Ketua Pengadilan Agama Manado, didampingi Yang Mulia Ibu Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado. Turut hadir juga Panitera Pengadilan Agama Manado Dra. Vahria, dan , serta seluruh pegawai dan PPNPN Pengadilan Agama Manado.    Dalam rapat tersebut, Ibu Wakil Ketua menyampaikan capaian kinerja dari Kesekretariatan dan Kepaniteraan untuk DIPA 01 dan DIPA 04, yang telah meraih ranking 25 pada Triwulan 1 dan diusulkan untuk meraih WBK ZI pada tahun 2024. Selain itu, ditekankan pula tentang pentingnya pelayanan yang sopan dan efisien kepada para pencari keadilan. Selain itu, beberapa keputusan penting juga diambil, termasuk penggunaan sistem absensi SIKEP dengan Si ABOT, serta penekanan pada disiplin pegawai terkait absensi dan kinerja. Paparan capaian kinerja mengenai berbagai aspek, seperti kesekretariatan, IT dan pelaporan, serta kepaniteraan, juga disampaikan dalam rapat ini. Capaian kinerja tersebut mencakup berbagai hal mulai dari pengadaan lemari hingga inovasi-inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Dalam kesimpulannya, rapat tersebut menggarisbawahi beberapa poin penting, antara lain capaian kinerja yang memuaskan pada Triwulan 1, penggunaan sistem absensi, serta pencapaian capaian kinerja pada berbagai aspek pengadilan.

Read More »
Berita PA Manado
Bimbingan Teknis Pembuatan Putusan Bagi Hakim Pengadilan Agama Sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Manado

Manado, Rabu 22 Mei tahun 2024 | Hari ini, Ketua Pengadilan Agama (PA) Manado, Drs. H. Muhtar Tayib, beserta Wakil Ketua PA.Manado, Hj. Rujikah Madjid, S.Ag., M.H., mengikuti Bimbingan Teknis Pembuatan Putusan Terkait Perkara Waris, Harta Bersama, dan Ekonomi Syariah. Acara ini dihadiri oleh para Hakim Pengadilan Agama se-Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Manado Tahun 2024. Pembinaan teknis ini merupakan inisiatif dari Pengadilan Tinggi Agama Manado, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hakim dalam membuat keputusan terkait perkara-perkara yang berkaitan dengan waris, harta bersama, dan ekonomi syariah. Dengan melibatkan para hakim dari berbagai wilayah, diharapkan akan terjadi pertukaran pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat. Acara ini diselenggarakan dengan serius dan dilaksanakan secara profesional di Hotel Grand Whiz Megamas Manado. Peserta pembinaan teknis termasuk para hakim pengadilan agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Manado yang memiliki tanggung jawab besar dalam menegakkan keadilan dalam ranah hukum agama. Acara ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas putusan di Pengadilan Agama Manado, sehingga masyarakat dapat memperoleh keadilan yang lebih baik dalam menyelesaikan perkara-perkara yang mereka hadapi.

Read More »
Berita PA Manado
Pemberian Materi Hukum Acara dan Praktek Peradilan Agama bagi para Calon Advokat Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado

Manado-18 April 2024, Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado, Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H., memberikan materi hukum acara dan praktek peradilan agama kepada para calon advokat dalam acara Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Sulawesi Utara. Acara berlangsung dengan sukses di Lt. 11 Gedung Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Dalam materi yang disampaikan, Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado, Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H., memberikan wawasan yang mendalam tentang hukum acara dan praktek peradilan agama. Para peserta diberikan pemahaman yang komprehensif tentang prosedur-prosedur hukum yang berlaku di pengadilan agama serta tata cara praktis dalam penyelesaian perkara. Selain menyampaikan materi, sesi ini juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk bertanya langsung kepada narasumber. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mencakup berbagai aspek praktis dalam proses peradilan agama, yang dijawab dengan jelas dan komprehensif oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado. Acara ini merupakan bagian dari upaya PERADI Sulawesi Utara dalam memberikan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas kepada calon advokat, untuk mempersiapkan mereka dengan baik dalam menjalankan profesinya di bidang hukum. Kehadiran Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado sebagai narasumber juga menunjukkan komitmen dari instansi peradilan dalam mendukung pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang hukum. Diharapkan bahwa acara ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta dalam memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam praktik hukum, serta menjadi langkah awal yang baik dalam mempersiapkan diri menjadi advokat yang profesional dan berkualitas.

Read More »
Berita PA Manado
PTA Manado laksanakan monitoring kinerja pasca libur Idul Fitri dan Cuti Bersama lewat virtual Zoom Meeting dengan Pimpinan PA Sewilayah

Manado – 16 April 2024, Pimpinan Pengadilan Agama (PA) Manado mengikuti acara virtual Zoom Meeting yang bertema “Monitoring Kinerja Pasca Libur Idul Fitri dan Cuti Bersama”. Acara tersebut diinisiasi dan dilaksanakan oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Manado sebagai upaya untuk memastikan kinerja optimal setelah masa libur. Dalam acara tersebut, Pimpinan Pengadilan Agama Manado diwakili oleh Bapak Sekretaris, Hisbun Bangol, S.Ag., serta Ibu Panitera, Dra. Vahria. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen dalam memperbaiki dan mengawasi kinerja setelah masa libur panjang. Ketua PTA Manado, yang memimpin langsung kegiatan monitoring, tak hanya sekadar memeriksa kinerja, tetapi juga memberikan pembinaan kepada seluruh Ketua dan aparatur PA di wilayah PTA Manado. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kualitas pelayanan di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, Wakil Ketua PTA Manado juga turut aktif dalam mengecek kehadiran para Ketua dan aparatur PA di wilayah yang tercakup. Mereka melakukan pengecekan langsung antara kehadiran yang tercatat dalam aplikasi Sistem Kepegawaian Elektronik Peradilan (SIKEP) dengan jumlah pegawai yang berada di kantor. Langkah ini menunjukkan komitmen untuk mendorong akuntabilitas dan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya manusia. Acara ini diharapkan menjadi momentum untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Manado demi memberikan pelayanan hukum yang lebih baik kepada masyarakat. Dengan adanya monitoring dan pembinaan secara berkala, diharapkan akan tercipta lingkungan kerja yang lebih profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Read More »
Berita PA Manado
Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado Hadiri Acara Rukyatul Hilal Awal Syawal 1445 H / 2024 M

Manado, 9 April 2024 – Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado, Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H., turut serta dalam acara Rukyatul Hilal Awal Syawal 1445 Hijriah/2024 Masehi yang diselenggarakan oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Bidang Bimbingan Masyarakat Islam. Acara yang berlangsung di MTC Mega Mas Manado ini menjadi momentum penting bagi umat Muslim di daerah ini dalam menentukan awal bulan suci Syawal. Dalam sambutannya, Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H. mengungkapkan pentingnya kerjasama antarlembaga dalam menegakkan hukum Islam serta memastikan pelaksanaan ibadah berjalan lancar sesuai dengan tuntunan agama. Ia juga menekankan pentingnya kebersamaan dalam menegakkan nilai-nilai Islam yang damai dan toleran di tengah masyarakat. Acara Rukyatul Hilal tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh agama, pejabat pemerintah, serta masyarakat umum yang turut berpartisipasi dalam proses penentuan awal bulan Syawal. Para peserta mengamati langit dengan seksama untuk mencari tanda-tanda awal bulan baru, sebagai langkah awal dalam menetapkan tanggal perayaan Idul Fitri. Kehadiran Hj. Rukijah Madjid, S.Ag., M.H. sebagai perwakilan dari Pengadilan Agama Manado menunjukkan komitmen lembaga hukum Islam dalam mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan yang memperkuat ukhuwah islamiyah dan memperkokoh keberagaman di tengah masyarakat Sulawesi Utara. Acara Rukyatul Hilal ini tidak hanya menjadi momen penentuan awal bulan Syawal, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi antara lembaga-lembaga keagamaan, pemerintah, dan masyarakat. Semangat kerjasama dan persatuan dalam kegiatan ini diharapkan dapat menjadi teladan bagi seluruh umat Muslim di Indonesia dalam membangun harmoni dan kedamaian.

Read More »
  Recent Post
Penilaian Website Pengadilan Agama Manado Kelas I.A
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus
STATISTIK  
027180
Users Today : 23
Users Yesterday : 45
Users Last 7 days : 328
Users This Month : 1211
Total Users : 27180
Views Today : 32
Views Yesterday : 71
Views Last 7 days : 615
Views This Month : 2417
Total views : 73931
Who's Online : 0
Your IP Address : 44.222.64.76
Server Time : 2024-06-22
Jam Kerja  

Senin – Kamis  :  08.00AM – 16.30PM

Jum’at              :  08.00AM – 17.00PM

BULAN RAMADHAN

Senin – Kamis  :  08.00AM – 15.00PM

Juma’at            :  08.00AM – 15.30PM