MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MANADO KELAS IA

Jl. Adipura Raya, Kompleks Pengadilan Terpadu, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara 95259

Telepon : (0431) 864291 | Email : pa.manado307225@gmail.com

Rabu 11 November 2020 berdasarkan Surat Tugas Nomor : 572/BP/ST/X/2020 sesuai Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Pengawas Mahkamah Agung RI menugaskan 5 orang Tim yang terdiri dari Achmad Zainullah Inspektur Wilayah I Badan Pengawas MA RI sebagai Ketua Tim, Andi Maderumpu Hakim Yustisial Badan Pengawas MA RI sebagai sebagai Anggota, Muhammad Anis Auditor Madya Badan Pengawas MA RI sebagai sebagai Anggota,, Mochtar Luthfi Kepala Sub Bagian TU Inspektur Wilayah IV Badan Pengawas MA RI Sebagai Sekretaris, serta Faizal Amir Auditor Kepegawaian Badan Pengawas MA RI Sebagai Anggota

Surat Tugas tersebut Tim diperintahkan untuk melaksanakan Monitoring/ Pengawasan pada Pengadilan Agama Manado berdasarkan Surat Tugas Kepala Badan Pengawas Mahkamah Agung RI Nomor 52/BP/ST/X/2020 tertanggal 05 Oktober 2020 Tentang Penetapan Susunan Tim Audit Kinerja dan Integritas, sebagian wilayah I, II, III, dan IV Bawas MA RI.

Ketua PA Manado (Drs. Mufi Ahmad Baihaqi., M.H.) menyambut baik kedatangan Tim Bawas tersebut. Setelah mengisi buku tamu di ruang tunggu, seluruh tim kemudian dipersilahkan masuk ke ruang Ketua. Ketua Pengadilan Agama Manado di dampingi Wakil Ketua, Hakim,   dan Sekretaris berbincang dengan tim pengawasan sebelum tim melakukan tugasnya.

Area Pemeriksaan Kinerja dan Integritas meliputi Pelayanan Publik, keuangan perkara, dan PNBP. Selain dari itu pengukuran kualitas standard pelayanan, sarana dan prasarana pelayanan, penanganan pengaduan, penilaian kinerja, penyelesaian perkara, integritas aparatur Pengadilan, kualitas lingkungan kerja dan budaya organisasi , pengawasan melekat dan Zona Integritas , menjadi bagian objek pemeriksaan.

  

Setelah Tim Audit selesai melakukan audit kinerja dan integritas di PA Manado, di lanjutkan dengan ekspose hasil. Secara keseluruhan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Audit Badan Pengawasan Mahkamah Agung, kinerja yang dilaksanakan telah berjalan sesuai yang diharapkan, namun ada catatan-catatan kecil yang perlu di evaluasi oleh Pengadilan Agama Manado.

   

Menanggapi ekspose yang dipaparkan oleh tim, Ketua Pengadilan Agama Manado, mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim. “Banyak hal yang kami dapatkan dan itu semua menjadi tambahan ilmu bagi kami. Kami bersyukur diperiksa oleh Badan Pengawasan agar kami dapat bekerja sebaik mungkin”.

 

Skip to content