MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MANADO KELAS IA

Jl. Prof. Dr. Mr. Raden S. E. Koesoemah Atmadja, Kompleks Pengadilan Terpadu
Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara 95259

Telepon : (0431) 864291 | Email : pa.manado307225@gmail.com / pamanado@yahoo.com

Ekspos Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan oleh HATIBINWASDA
Pengadilan Tinggi Agama Manado Tahun 2022

Manado – (31/05/2022) Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Manado, Pengadilan Agama Manado menyambut kedatangan Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah dari PTA Manado dalam rangka ekspos hasil kegiatan pembinaan dan pengawasan oleh tim HATIBINWASDA PTA Manado. Adapun Pengawasan yang dilakukan dari tanggal 27-31 Mei 2022 ini diketuai oleh hakim tinggi Pengadilan Agama Manado, Drs. Faizal Kamil, S.H., M.H., serta beranggota dua orang yakni panitera pengganti PTA Manado, Drs. Abdul Haris Makamidan yang melakukan pengawasan di bidang kepaniteraan. Serta kepala sub bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga, Hj. Sitti Habriani Sofjan, S.E., yang melakukan pengawasan di bidang kesekretariatan.

Pada acara yang dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Manado, Drs. Ihsan Halik, S.H., M.H., ini beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran tim HATIWASDA dari PTA Manado yang telah melakukan pengawasan dan dilanjutkan oleh sesi ekspos dan pembinaan. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan oleh ketua tim HATIBINWASDA. Dalam sambutannya, ketua tim HATIBINWASDA menyampaikan bahwa secara garis besar, hasil pengawasan yang telah dilakukan selama tiga hari tersebut mendapatkan hasil yang sudah sangat baik, namun ditemukan beberapa catatan yang perlu ditingkatkan oleh Pengadilan Agama Manado. Sehingga catatan tersebut mampu memberikan peningkatkan kinerja Pengadilan sehingga menjadi lebih baik.

Kemudian dilanjutkan dengan pembinaan yang dilakukan oleh ketua tim HATIBINWASDA, dimana beliau menyampaikan beberapa pesan diantaranya Pengadilan Agama Manado yang saat ini sudah berada di kelas IA diharapkan mampu menjadi “Pilot Project” bagi pengadilan lain di wilayah Sulawesi Utara. Lalu diharapkan juga setiap pegawai mampu menghadirkan rasa semangat dalam setiap menyelesaikan apa yang menjadi tupoksinya, serta kerjasama tim yang tentu tidak luput dalam meningkatkan kinerja Pengadilan. Dimana nilai 4K (Koordinasi, Komunikasi, Kerjasama, dan Keuangan) dapat dijadikan kunci dalam meningkatkan kinerja peradilan secara keseluruhan, sehingga “Sense of responsible” setiap pegawai mampu mencapai tujuan bersama.

Setelah pembukaan dan pembinaan yang dilakukan oleh Ketua Tim HATIBINWASDA PTA Manado, dilanjutkan oleh ekspos dari hasil pengawasan bidang kepaniteraan oleh Drs. Abdul Haris Makamidan. Diantaranya dimulai dari manajemen perkara, diantaranya perbaikan pada panjar biaya perkara, biaya pemeriksaan setempat, buku induk register eksekusi, hingga kerapihan berkas perkara pada ruang arsip. Kemudian dilanjutkan oleh ekspos dari hasil pengawasan bidang kesekretariatan oleh Hj. Sitti Habriani Sofjan, S.E., dimulai dari administrasi pengelolaan tata naskah dinas, hingga administrasi pengelolaan daftar hadir pegawai dan hakim.

Kegiatan ini ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Manado yang mengucapkan terimakasih kepada tim HATIBINWASDA, serta beliau berkomitmen bersama seluruh pegawai akan segera menindaklanjuti ekspos hasil pengawasan dan diakhiri dengan kegiatan penyerahan dokumen ekspos hasil pengawasan oleh HATIBINWASDA PTA Manado dan foto bersama.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Skip to content