Manado, Kamis 17 Oktober 2019 Ketua Pengadilan Agama Manado Beserta PTA dan Pa Wilayah PTA Manado Mengikuti Acara Workshop dan Pengukuran Program Peningkatan Integritas Hakim Tahun 2019 yang dilaksanakan pada Pengadilan Tinggi Manado.
Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Memorendum Sekretaris Mahkamah Agung RI No. 24/SEK/M/7/2019 tanggal 9 Juli 2019 tentang Penyelengaraan Program Peningkatan Integritas Hakim Republik Indonesia.


Acara Workshop dan Pengukuran tersebut di buka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Manado H. Arif Supratman, S.H., M.H.
Dalam sambutannya beliau melaporkan bahwa peradilan di wilayah Sulawesi Utara sudah menerapkan program MARI yakni Zona Integritas(ZI), Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu(PTSP), Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), Dismisal (perkara sederhana), E-litigasi, Siwas, Indek Kepuasan Masyarakat, Indek Persepsi Korupsi, E-media dan Diklat untuk hakim tingkat pertama dan banding.
Adapun yang bertindak sebagai pemberi materi dalam Workshop dan Pengukuran PPIH adalah Sekretaris Jenderal Komisi Yustisial Dr. Ir. Tubagus Rismunandar Rukijat, MH, ME, MM, MIP. dengan tema Over View Program Peningkatan Integritas Hakim dilaporkan Hasil Survai Indek Kepuasan Publik terhadap Integritas Hakim tahun 2018.