Pada hari Senin, 4 November 2019, para mahasiswa peserta magang Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Peradilan sudah berpakaian lengkap rapih dengan setelan jas akademik. Hari itu adalah hari terakhir secara resmi kegiatan magang di Pengadilan Agama Manado berakhir berdasarkan surat penarikan mahasiswa magang yang dikeluarkan oleh IAIN Manado nomor B.657/In.25/F.I/HM.01/10/2019 yang ditanda tangani oleh Dekan Fakultas Syariah, Dr. Hj. Salma, M.H.I.

Para peserta magang ikut apel Senin dan mengambil dokumen foto beserta Ketua, Hakim dan Pegawai PA Manado.

Sudah dua bulan para mahasiswa melaksanakan kegiatan magang di PA Manado. Saat itu mereka diantar langsung oleh Dekan Fakultas Syariah. Para mahasiswa diterima langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Manado. Ada 10 orang mahasiswa yang rata-rata sudah menempuh pendidikan di semester 7.

Selama melaksanakan kegaitan magang, para mahasiswa diberikan tugas-tugas yang berkaitan langsung proses administrasi dan kegiatan persidangan. Para mahasiswa ini diberikan pendampingan agar mengetahui prosedur dan proses persidangan di Pengadilan Agama. Peserta magang juga diberikan pengenalan dan pemahaman serta mempraktekan aplikasi-aplikasi teknologi informasi yang menjadi program prioritas Direkotrat Jendral Peradilan Agama seperti SIPP, PTSP, dan E-Court.

Sebelum berkahirnya kegiatan praktek magang, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk langsung mempraktekan sidang semu dan mediasi yang diawasi langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Manado dan Hakim Pembimbing.

Para Mahasiswa begitu antusias mengikuti praktek sidang semu dan mediasi di Pengadilan Agama.

Pada penutupan kegiatan mangang hari Senin 4 November 2019, bertempat di ruang tamu Ketua Pengadilan Agama Manado, Ketua PA Manado memberikan sambutan berupa ucapan terima kasih kepada peserta magang yang telah menjalani kegiatan magang dengan baik dan turut membantuĀ  mendokumentasikan berkas-berkas perkara dalam bentuk elektronik digital.

Ketua juga memberikan nasehat dan memotivasi agar para peserta magang dapat menyelesaikan pendidikan sarjananya dan ilmunya bermanfaat buat para mahasiswa dan masyarakat. Selalin itu Ketua juga mendoakan semoga peserta magang menjadi orang yang sukses dan selesai kuliah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang didapatkan di kampus.