MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MANADO KELAS IA

Jl. Prof. Dr. Mr. Raden S. E. Koesoemah Atmadja, Kompleks Pengadilan Terpadu
Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara 95259

Telepon : (0431) 864291 | Email : pa.manado307225@gmail.com / pamanado@yahoo.com

Ketua PA Manado Selenggarakan Audiensi dengan Dinas Kesehatan
Kota Manado Terkait Pemeriksaan Kesehatan Dispensasi Kawin

Pa-manado.go.id. Menindaklanjuti Surat Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022 mengenai Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan. Bertempat di Loby Kantor Pengadilan Agama Manado diselenggarakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang Layanan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Pemohon Dispensasi Kawin dengan Dinas Kesehatan Kota Manado pada hari Senin tanggal 13 Juni 2022 Pukul 09.00 Wita.

Sebelumnya Ketua PA Manado Drs. Ihsan Halik, S.H.,M.H., bersama tim telah melakukan audiensi terkait Perjanjian Kerjasama pelayanan bagi pemohon yang mengajukan dispensasi kawin, pada Jumat, 10 Juni 2022 Pukul 09.00 WITA di Ruang Rapat Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado.

Turut hadir dalam Kegiatan penandatanganan MoU ini, Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H., Ketua Pengadilan Agama Manado bersama Wakil Ketua Dan Seluruh Pegawai Pengadilan Agama Manado, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Steaven Dandel Bersama Sekretaris dan Pegawai Dinkes Kota Manado.

Dalam perjanjian kerja sama ini berisi hal-hal sebagai berikut :

  1. Pengadilan Agama yang menyelenggarakan penegak hukum dan keadilan di tingkat pertama bagi rakyat pencari keadilan perkara tertentu di bidang perkawinan waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syariah.
  2. Dinas Kesehatan Kota Manado dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.
  3. Dinas Kesehatan mempunyai tugas membantu Walikota melaksanakan urusan pemerintahan di bidang yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan Kepala Daerah.
  4. Dinas Kesehatan Kota Manado menyelenggarakan fungsi sebagai rumusan kebijakan, melaksanakan kebijakan, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, administrasi dan fungsi lainnya yang diberikan Walikota terkaitdengan tugas dan fungsinya.

Dan ada beberapa Peraturan perundangundangan dalam Perjanjian Kerja sama ini.

Kepala Dinkes Kota Manado dalam keterangannya menjelaskan, bahwa surat keterangan sehat bagi calon pengantin sebagai syarat dispensasi kawin dapat diperoleh pada 3 Puskesmas terdekat yang direkomendasikan.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Manado Mengapresiasi atas kerja sama yang baik dengan Dinas Kesehatan Kota Manado dalam memberikan Pelayanan kesehatan Kepada para pencari keadilan, Ketua PA Manado Juga berterima kasih kepada seluruh crew PA Manado yang sudah terlibat dalam kegiatan ini.

Dengan penandatanganan MoU tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado bersama Ketua Pengadilan Agama Manado mengharapkan meningkatkan sinergi kerjasama antara Dinas kesehatan Kota Manado dan Pengadilan Agama Manado, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi dan para pencari keadilan. MoU ini merupakan payung bagi kegiatan kerjasama yang akan dilakukan kedua institusi di masa mendatang.

 

Sesi Foto Bersama

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Skip to content