MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MANADO KELAS IA

Jl. Adipura Raya, Kompleks Pengadilan Terpadu, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara 95259

Telepon : (0431) 864291 | Email : pa.manado307225@gmail.com

Selasa pagi 6 Agustus 2019, Ketua Pengadilan Agama (PA) Manado, Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, M.H mengumpulkan hakim-hakim, panitera, panitera pengganti, jurusita dan juritasa pengganti untuk melakukan rapat koordinasi.

Rapat koordinasi tersebut untuk mengevaluasi pelayanan hukum terhadap masyarakat pencari keadilan di Pengadilan Agama Manado.

Dalam rapat tersebut Ketua PA Manado juga mengangkat masalah kenyamanan dan keamanan pencari keadilan di Pengadilan Agama Manado sebagai bahan evaluasi.

Dalam evaluasi tersebut para hakim dan panitera menyampaikan permasalahan-permasalahan yang timbul dalam persidangan serta memberikan usulan agar persidangan dapat berjalan lancar dan nyaman. Kejadian kericuhan kadangkala terjadi di dalam persidangan.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua menyatakan bahwa hakim harus jeli melihat situasi dan kondisi saat akan melakukan persidangan. Apabila ditemukan ada potensi kericuhan yang akan muncul dalam persidangan maka segera melakukan antisipasi dengan cara berkoordinasi dengan pihak keamanan seperti kepolisian.

Kedepan direncanakan akan dilakukan nota kesepahaman (MoU) antara Pengadilan Agama Manado dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka pengamanan persidangan di pengadilan.

Skip to content