MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MANADO KELAS I.A

Alamat : Jl. Adipura Raya, Kompleks Kantor Pengadilan Terpadu, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara

Telepon : (0431) 864291 | e-Mail : pa.manado307225@gmail.com | Website : https://pa-manado.go.id

Pelaksanaan Rukyatul Hilal dan Isbat Awal Ramadhan 1442 Hijriah

Manado | www.pa-manado.go.id

Kepala Kantor Kemenag Sulut melalui Bidang Bimas Islam bersama Pengadilan Agama Manado dan Ormas Islam menggelar Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1442H / 2021M yang dilaksanaan di gedung MTC Lt. R1 Kawasan Megamas Manado, Senin (12/4).

Acara dibuka oleh Kakanwil Kemenag Sulut yang diwakili H. Ulyas Taha menyampaikan dari pantauan tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Sulut dengan ketua H. Kalo Tahirun yang berada di lokasi MTC Lt. R1 Kota Manado hilal tidak terlihat pada titik lokasi ini, dan akan dilaporkan ke Kemenag RI, dan kita tetap bersama akan menunggu hasil sidang itsbath penetapan awal 1 Ramadhan 1442H/2021 M oleh Menteri Agama RI.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Manado Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, M.H. menyampaikan data astronomi perhitungan awal bulan dan ciri-ciri hilal yang terlihat yang dapat diterima secara sah disampaikan dihadapan pimpinan Ormas Islam (MUI, NU, Muhamadiyah, Persis dll) Tokoh Masyarakat yakni Anggota DPR Provinsi dan Imam Masjid Besar Serta Tim Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kemenag dan BMKG Sulawesi Utara.


Hasil pengamatan awal hulan ramadhan 1442 hijriyah, hilal tidak dapat terlihat karena faktor cuaca awan tebal di MTC Manado pada saat matahari terbenam pukul 17* 46′ 22″ dengan ketinggian hilal mar’i 3* 07′ 29″, oleh karena hilal terlihat di beberapa tempat lain di wilayah Indonesia, maka awal Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada hari Selasa tanggal 13 April 2021 Masehi.

Hadir pada acara ini Kabag TU, Kepala Kemenag Kab/Kota, Anggota DPR Provinsi Sulut, Ketua Pengadilan Agama Manado bersama Hakim dan Panitera, Ketua MUI Sulut, BMKG, dan Ormas Islam.