MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA MANADO KELAS IA

Jl. Adipura Raya, Kompleks Pengadilan Terpadu, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara 95259

Telepon : (0431) 864291 | Email : pa.manado307225@gmail.com

Pembekalan Materi Ekonomi Syari'ah Oleh Ketua Pengadilan Agama Manado.

Manado-Pa-manado.go.id

Rabu 13 Oktober 2021, di sela-sela kesibukan Pengadilan Agama Manado Kelas 1A, PA Manado menyelenggarakan pembekalan materi yang di bawakan langsung oleh Ketua PA Manado, Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, M.H., yang bertempat di Media Center/Ruang Rapat PA Manado jam 13.00 Wita.

Lahirnya UU No. 3 tahun 2006 sebagai hasil atas amandemen UU No. 7 tahun 1989 tentang Peradilan Agama telah membawa perubahan besar dalam eksistensi lembaga Peradilan Agama saat ini. Salah satu perubahan yang mendasar adalah penambahan wewenang lembaga Peradilan Agama antara lain dalam sengketa bidang ekonomi syari’ah dan permohonan pengangkatan anak menurut hukum Islam. Tambahan wewenang lain adalah : sengketa infak dan zakat.

Pada Kesempatan Ini Ketua PA Manado memaparkan materi, Hukum Acara Ekonomi Syari’ah dan Akad-akad Syari’ah. Yang menjadi peserta yakni seluruh Pegawai khususnya Kepaniteraan dan Mahasiswa Magang IAIN Manado.

Lebih lanjut yang di jelaskan Ketua PA Manado, Drs. Mufi Ahmad Baihaqi M.H., yaitu :
1. Ruang Lingkup Ekonomi Syariah
2. Sumber Hukum Ekonomi Syariah
3. Tahapan Penyelesaian Gugatan Sederhana (Small Claim Court).

Kemudian Akad-akad Ekonomi Syariah yaitu :
1. Jenis Perkara Sengketa
2. Jenis-jenis Akad Syariah
3. Rukun & Syarat Mudharabah. Dst

Kegiatan yang berlangsung mendapatkan respon yang positif dari Pegawai Kepaniteraan dan mahasiswa. Mahasiswa antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri. Ketua PA Manado sebagai Pemateri juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam kuliah, kelak nanti menjadi pengelola Bank Syariah atau lembaga Keuangan Syariah.

Ketua juga berharap agar Aparat Kepaniteraan dapat memahami materinya agar bisa di terapkan dalam proses penyelesaian Perkara  Sengketa dan gugatan sederhana di Pengadilan Agama Manado.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to content