Pada hari Selasa tanggal 11 Aguatus 2020, sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia di jakarta pada tanggal 24 Juli 2020 tentang Promosi dan Mutasi Ketua, Wakil Ketua dan Hakim pada Lingkungan Peradilan Agama. Ketua Pengadilan Agama Manado kelas IB Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, MH. melantik Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado Kelas IB Drs H. Muhtar Tayib.

Acara tersebut dimulai Pukul 12.30 Wita setelah sholat dzuhur dan makan siang bersama bertempat di Ruang Sidang utama Pengadilan Agama Manado, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado, Wakil Ketua, Panitera, Hakim Tinggi PTA Manado dan sejumlah tamu undangan dan juga seluruh aparat Pengadilan Agama Manado.

Upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua PA Manado yang di lantik oleh Ketua PA Manado Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, MH. Setelah itu dilanjutkan penandatanganan Pakta Intergritas oleh Pejabat baru yang telah dilantik dan diakhir acara tersebut ditutup dengan pengalungan oleh bapak Ketua Pengadilan Agama Manado terhadap Wakil Ketua Pengadilan Agama Manado yang baru.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Sambutan dan arahan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado Drs. H. Iskandar Paputungan, MH. Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Manado menyampaikan “Selamat kepada wakil Ketua PA Manado yang baru dilantik. Semoga menambah kekuatan serta semangat tambahan untuk peningkatan kinerja dalam memajukan PA Manado”

Acara ditutup dengan pembacaan Do’a yang dipimpin oleh H. Muhammad Adam, S.H.I. dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan pejabat yang baru di lantik.