Pengadilan Agama Manado terus berusaha meningkatkan pelayanan dan kemudahan berperkara kepada masyarakat di wilayah hukum Pengadilan Agama Manado. Adapun layanan terbaru yang mulai digalakan adalah pelayanan e-court. Dalam rangka untuk lebih melancarkan pelayanan dan pemahaman mengenai pelaksanaan e-court di Pengadilan Agama Manado, maka dilaksanakan sosialisasi e-court.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 4 Juli 2019 di ruang sidang Pengadilan Agama Manado. Hadir dalam kegiatan tersebut hakim-hakim, pejabat kepanitraan dan kesekretariatan juga para pejabat fungsional dan struktural serta staf.

Selain hakim dan pegawai Pengadilan Agama Manado, turut hadir juga utusan dari Pengadilan Agama Bitung sejumlah 5 orang yang terdiri dari Panitera, Panmud, petugas IT yang ikut mendengarkan sosialisasi e-court tersebut.

Setelah sosialisasi tersebut, Hakim, Drs. Rahmat, M.H dan Panitera, Dra. Vahria yang dibantu oleh Gunawan Kermoredjo, operator e-court Penadilan Agama Manado langsung melakukan simulasi pelaksanaan e-court di ruang mediasi Pengadilan Agama Manado.

Simulasi tersebut dimulai dengan paparan singkat mengenai e-court oleh Drs. Rahmat, M.H kemudian langsung dilakukan simulasi dan tanya jawab seputar teknis penerimaan perkara e-court mulai dari e-filing, e-skum dan e-summons dan teknis lainnya.

Setelah mengikuti simulasi tersebut, utusan Pengadilan Agama Bitung sangat berterima kasih atas kerjasamanya dan berharap semoga kedepan Pengadilan Agama Bitung akan lebih siap menerima perkara e-court.